- News -

Hati-hati “Salah Bantal”

Post On 9 May 2017 | Tips My Love

 

Orang yang tidak bergerak selama tidur lebih mudah mengalami “salah bantal” alias merasa nyeri atau sakit di bagian leher begitu bangun tidur

 

Posisi Tidur

Kenapa sampai ada yang mengalami “salah bantal”? Posisi tidur memang tidak sama antara satu orang dengan orang lainnya. Ada orang yang ketika tidur nyaris tidak bergerak dan posisi tidurnya tetap sama, dari berangkat tidur sampai bangun tidur. Tapi, ada juga orang yang tidurnya “berantakan,” ketika berangkat tidur kepala ada di arah timur, tapi ketika bangun tidur kepalanya sudah berada pada arah sebaliknya. “Nah, orang yang tidak bergerak selama tidur lebih mudah mengalami salah bantal. Sementara yang tidurnya “heboh” lebih aman, karena ototnya bergerak, tidak berada pada satu posisi terus-menerus.

Selain itu, "salah bantal" juga bisa terjadi karena jenis bantal yang digunakan. Bisa karena bantalnya terlalu keras atau bantalnya terlalu tinggi. Bantal yang terlalu tebal, terlalu keras, atau terlalu tinggi akan membuat posisi kepala menjadi mendongak, sehingga mau tidak mau otot di kanan kiri leher akan tertarik (kontraksi). Juga otot belakang yang biasanya menjalar ke atas sampai otot bahu.

“Salah bantal” bisa terjadi pada siapa saja dan pada segala usia, bahkan anak kecil sekalipun. Cuma, pada anak-anak, otot leher masih bagus dan masih lentur, sehingga lebih jarang yang mengalaminya.

 

Tanpa Bantal

Meski memang bukan gangguan yang membahayakan jiwa, tapi “Salah bantal” tetap tidak boleh dianggap remeh. Yang jelas, penderita akan merasa tidak nyaman (discomfort ). Bayangkan jika selama 2-3 hari kita tidak bisa menengok dan leher terasa sakit. Jelas akan sangat mengganggu  aktivitas, kan? Bisa berbahaya kalau terjadinya sering dan terus-menerus karena bisa menyebabkan saraf terjepit, meskipun sangat jarang terjadi.

Untuk pencegahannya, gunakan bantal yang tidak terlalu keras atau terlalu tinggi. Secara teori, memang lebih baik tidur tanpa memakai bantal. Selain posisi kepala lebih lentur, juga akan membuat jantung dan kepala berada pada posisi sejajar, sehingga aliran darah lebih lancar dan lebih cepat.(sumber nova)

MY LOVE - NEWSLETTER

Dapatkan berita terbaru dan promo menarik Sprei My love