- News -

Awas Kena Masalah Kulit Karena Kurang Tidur!

Post On 14 September 2022 | Tips My Love

Mitos "tidur cantik" bukan sekedar ungkapan loh, ternyata ada benarnya dan menarik untuk dibahas!

Jumlah jam tidur yang kamu lakukan setiap harinya memang berdampak pada energi dan mood sehari-hari. Bukan cuma itu saja, tidur cantik yang baik akan berpengaruh pada kesehatan kulit. Meski kamu punya kebiasaan makan sehat pun kalau punya kebiasaan kurang tidur malah belum cukup baik. 

 

Memangnya apa yang terjadi pada kulit kalau kurang tidur? 

 

       1. Berjerawat

Kurang tidur telah terbukti meningkatkan stres dalam tubuh yang dapat menyebabkan lonjakan hormon yang disebut kortisol. Peningkatan kortisol dapat meningkatkan peradangan dan menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak sebum dan minyak dari biasanya, yang mengakibatkan pori-pori tersumbat dan berjerawat. 

Sewaktu kamu tidur, kadar kortisol tubuh secara alami menurun, dan jika tidurmu tidak 8 jam maka dapat mengganggu proses tersebut. Seandainya kamu nggak cukup tidur dan menemukan jerawat, kemungkinan besar sebabnya di pola tidur.. 

 

       2. Mata Panda dan Kantong Bawah Mata

Dampak kurang tidur selanjutnya yakni “mata panda” yang membuat penampilanmu terlihat kelelahan. Hal ini karena sirkulasi darah sekitar mata melambat sehingga membuat kulit  mata menjadi gelap. 

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan tidur. Sedangkan ketika beraktifitas, kamu bisa memakai krim mata untuk menjaga dan membantu mengembalikan kondisi ke semula. Krim mata juga membuat kulit tampak lebih cerah dan halus di sekitar mata. 

 

       3. Mengganggu Kelembaban

Kurang tidur juga dapat mengganggu keseimbangan kelembaban alami kulitmu, jadi terasa lebih kering dan kasar. Selain itu, tubuh jadi berkeringat lebih banyak sewaktu tidur guna menyeimbangkan tingkat hidrasi di kulit. 

Kalau kamu mengutamakan jam tidurmu dengan baik, kulit akan terhindar resiko gangguan kulit. Gangguan kulit yang kerap dialami yakni kulit kering, kemerahan, dan tidak halus. 

 

       4. Kulit Masih Mengantuk

Selagi kamu tidur, tubuh mengalirkan darah ke kulit seluruh tubuh sehingga membuat kulit tampak segar, kencang, dan bercahaya saat kamu bangun. Sebaliknya kalau kamu kurang tidur, aliran darah tidak mengalir ke kulit secara menyeluruh. Sehingga kulit tampak kusam, tidak bernyawa, atau tampak lelah.

 

kurang tidur

 

Nah sekarang kamu telah mengetahui dampak kurang tidur pada kulit. Lalu bagaimana mengatasinya?

 

       1. Atur Jadwal Tidur

Tidak salah melakukan kebiasaan baru berupa jadwal tidur. Justru memudahkanmu untuk memperhatikan pikiran dan tubuh lebih baik lagi. Jadwal tidur ini tentunya dibuat agar kamu lama tidurmu terjaga. Pastikan, jadwal tidur ini dilakukan pada weekend dan hari libur.

Menjaga jadwal tidur secara konsisten membantumu tetap berenergi setiap harinya. Hal ini berkaitan dengan dengan ritme sirkadian atau jam kerja tubuh. Ketika dilakukan dengan benar, tubuh akan memberi tanda kapan waktunya bangun dan kapan waktunya untuk tidur.

 

       2. Setel Alarm

Jadwal kebiasaan baru bukan cuma untuk tidur saja, tapi termasuk untuk bangun juga! Fungsinya agar tubuhmu mendapat tidur yang cukup, apalagi kalau kamu sering terbangun di tengah malam. Dengan begitu, ketika terbangun kamu diharuskan untuk tidur lagi karena alarm belum berbunyi. 

 

       3. Tidur Siang

Sedangkan ketika siang hari, kamu punya pilihan untuk tidur siang ketika istirahat kerja. Setidaknya manfaatkanlah 25 menit jam istirahat untuk tidur atau menutup mata. Ketika kamu terbangun malahan akan berenergi kembali menyelesaikan harian. 

 

       4. Gelapkan Kamar

Kebiasaan tidur yang baik justru dalam gelap loh. Karena jika tidur dengan kondisi terang, bakal  menekan produksi melatonin dan memberi sinyal ke tubuh waspada. Sedangkan ketika gelap, tubuh akan menganggap tidak ada bahaya dan bisa dimanfaatkan untuk beristirahat. 

Pastikan untuk menutup gorden atau menggunakan penutup mata agar cahaya pagi tidak membangunkanmu. 

Bagi tubuh, tidur sama pentingnya dengan tubuh yang beraktivitas. Keduanya sama-sama mempengaruhi kesehatan tubuh, begitu pula ketika kurang tidur. Dampak kurang tidur mempengaruhi kesehatan kulit dan tubuh secara umum. Meski begitu, kamu bisa atasi masalah tidur dengan cara-cara diatas yang mudah!

MY LOVE - NEWSLETTER

Dapatkan berita terbaru dan promo menarik Sprei My love